Wednesday 15 March 2017

Proposal Rencana Studi Beasiswa Unggulan

Lama banget ya, semenjak terakhir nulis blog tiga bulan yang lalu (terakhir Desember 2016) akhirnya hari ini bisa nulis juga.. setelah drama mengerjakan tesis yang sungguh menyiksa jiwa, raga dan pikiran ini T.T akhirnya punya waktu sebentar buat nulis. Semenjak bulan Januari 2017 (kalo nggak salah) banyak banget pesan yang masuk lewat e-mail ku menanyakan tentang beasiswa unggulan. Entah tak terhitung banyaknya, mungkin sudah berpuluh-puluh pesan yang masuk. Beberapa diantaranya, pas lagi sempet aku balesin.. tapi banyak juga yang aku nggak sempet bales. Mohon maaf banget buat yang belum aku bales, bukannya sombong.. tapi serius aku lagi mumet ngerjain tesis T.T dan sedang ngejar wisuda bulan April tahun ini. Kadangkala yang namanya ngerjain tesis itu bikin mood naik turun, suka sensi nggak jelas, gampang kesel dan marah tanpa sebab. Mungkin penyebabnya juga karena tekanan mengerjakan tesis. Mood ku yang naik turun inilah yang bikin aku agak nggak selera ngebalesin e-mail yang ampuun deh banyak banget.

Dari banyaknya e-mail yang masuk, bisa dibilang sebagian besar pertanyaanya hampir sama. Salah satu topik yang paling banyak ditanyakan adalah tentang proposal rencana studi BU. Mungkin karena sudah dekat pendaftaran Batch 1 tahun ini ya jadi banyak yang tanya soal proposal. Beberapa diantaranya secara terang-terangan minta file proposal rencana studiku yang dipakai buat melamar BU kemaren. Buat permintaan yang satu ini, sorry to say aku nggak akan kasih. Mungkin udah jadi isu umum ya soal plagiarism, aku nggak kenal kepribadian kalian seperti apa.. jadi aku nggak mungkin dengan gampang ngasih file proposalku. Hanya untuk jaga-jaga agar tidak terjadi copas Sebagai gantinya, aku akan kasih gambaran format tentang proposal rencana studi BU yang aku pakai untuk melamar BU kemaren.

Format proposal rencana studi aku buat menjadi empat bagian. Pertama, perencanaan waktu studi yang isinya adalah rencana yang akan aku lakukan selama dua tahun menempuh pendidikan S2. Aku bikin semacam diagram waktu dengan penjelasan spesifik. Misalnya, semester satu dan dua aku menghabiskan teori tanpa mengulang. Semester tiga aku mulai mengerjakan proposal tesis dan di akhir semester tiga mengikuti seminar proposal. Awal semester empat mulai mengerjakan penelitian (terjun ke lapangan mengambil data). Pengerjaan tesispun aku kasih penjelasan akan memakan waktu berapa lama, kapan sidang, kapan yudisium dan kapan target wisuda.

Bagian kedua adalah rencana anggaran biaya studi S2. Anggaran dibuat sejak kamu masuk S2 hingga kamu lulus. Isi dari anggaran biaya studi adalah rincian biaya pendidikan (biaya UKT, biaya buku, biaya penelitian) dan rincian biaya hidup (biaya kost, biaya transport, biaya makan). Semuanya kemudian dijumlah dan itulah perkiraan anggaranmu untuk biaya studi selama S2.

Bagian ketiga adalah rencana studi. Isi rencana studi adalah berkaitan dengan alasan melanjutkan studi di jurusan yang aku pilih, harapan yang diinginkan dengan melanjutkan studi S2, dan rencana yang akan dilakukan setelah menyelesaikan studi S2. Kalau soal ini tanyakan sendiri ke hati nuranimu ya hehe, kenapa pengen lanjut S2 dan buat apa.

Bagian keempat adalah rencana topik penelitian/tesis. Isi dari bagian ini adalah tema penelitian dan gambaran umum penelitian. Sedikit tips dari aku ya, nggak usah panik soal menulis rencana topik penelitian. Karena nantinya itu apa yang kita tuliskan di rencana biasanya berbeda dengan apa yang kita tulis buat tesis beneran. Menulis tesis itu adalah sebuah proses pemikiran yang panjang, kamu akan melalui banyak seleksi dari hasil belajarmu, diskusi dengan dosen, serta masukan dari teman-teman. Jadi tulis aja dibagian ini tentang topik apa yang menurutmu menarik dan kamu tertarik untuk menelitinya. Apa yang aku tulis di rencana tesis itu beda sama tesis-ku yang beneran sekarang, tapi masih dalam lingkup atau kajian topik yang sama. Waktu itu aku nulis tentang khalayak media baru, karena aku tertarik dgn topik tersebut. Dan sekarang tesisku topiknya masih sama tentang khalayak media baru hanya saja fokus dan subjek penelitiannya berbeda dengan rencana penelitian yang aku tulis dulu.

Sekedar info, sepertinya BU sudah memberikan format penulisan proposal rencana studi di Juknisnya (juknis bisa download di website resmi BU). Jika tidak ada, kamu bisa googling untuk lihat contoh-contoh penulisan proposal beasiswa. Biasanya itu, formatnya nggak jauh-jauh beda antara satu beasiswa dengan beasiswa lain. Intinya hampir sama, yang penting proposalmu iu cukup serius dan meyakinkan. Saran dariku, tulislah proposal rencana studi dengan orisinal dan jujur. Menulislah seolah-olah proposal tersebut sangat menggambarkan dirimu. Mungkin bisa dijadikan tambahan untuk menulis proposal adalah, alasan mengapa kamu pantas menerima beasiswa unggulan. Semoga tulisanku ini bisa memberikan cukup gambaran untuk kamu menyusun proposal ya.

Selamat berjuang!

>> Update 25 Juli 2017
Hai... hai aku merasa perlu update postingan ini karena jujur banyak banget yg minta dikirimin file format proposal ke email. Mohon maaf buat yang minta aku gak berkenan buat ngasih. Dipostingan ini aku rasa udah cukup menjabarkan jadi kalian bisa punya sedikit gambaran untuk bikin proposalnya. Kalo setelah update ini masih ada yg komen minta format proposal? Hehe,, maaf tetep nggak bisa aku kasih ya. Dan entahlah para milenial ini mungkin, males baca, males cari tau sendiri, males rempong? Aku yakin kalo kalian udah mengunjungi website resmi BU nggak bakal ada cerita minta-minta format proposal karena semua ketentuan dan keterangan udah disertakan dalam websitenya. Btw tentang format proposal, kalian wajib dan harus baca postinganku yg ini atau kalian bisa klik link di bawah dgn judul "persyaratan untuk melamar beasiswa unggulan" disitu ada informasi penting dan update terbaru tentang syarat ngelamar BU, sekaligus aku menyinggung sedikit tentang format proposal BU terbaru.

Baca Juga:
Berburu Beasiswa Unggulan untuk Mahasiswa On Going
Berapa Besar Nominal Dana Beasiswa Unggulan?
Persyaratan untuk melamar beasiswa unggulan

16 comments:

Unknown said...

Makasih mbak untuk sharing-nya. Saya sendiri sekarang ingin banget ngejar Beasiswa Unggulan untuk S2. Saya ngalamin masalah stuck di rencana tesis. Soalnya, kalo kata si dosen yang saya temui waktu itu, "Lha kamu belum mulai kuliah masak sudah bikin proposal?" Saya cuma mesem-mesem sih, habis diminta. Haha.

Makasih ya mbak untuk referensinya. :)

Faradina said...

Sama-sama gabriela :) semangat ya, semoga sukses dgn BU nya!

Khaidir Ali Ikhsan said...

Mbak aku boleh minta formatnya ga mbak yg proposal mbaknya ? kirim lewat gmail aprianjaelani@gmail.com mohon bantuannya ya mbak kalo mbak sekiranya berkenan buat bag-bagi rizki Allah. @Fara dina

haris hijriansyah said...

Mbak aku boleh minta format proposalnya gak..? Kirim lewat gmail harishijriansyah@gmail.com mohon bantuannya yah mbak...

Unknown said...

maaf mbak bole aku minta format proposalnya.? klu bole kirim lewat gmail ini akbarabdullah333@gmail.com. mohon bantunnya mbak. makasih sebelumnya..

Fashalli Giovi said...

Makasih mbak! Postnya bermanfaat banget :D

Indra Aditya said...

terima kasih kak, untuk infonya sangat bermanfaat.
kalo boleh saya minta format proposalnya, ke email saya aja indraadityafirst@gmail.com
terima kasih

Faradina said...

Hai semua yg minta format proposal dikirim ke email?? pliss baca postinganku ini baik-baik yaa.. thanks

dea said...

kak, saya mau bertanya. Saya kan mahasiswa baru, nah untuk rencana sepert tesis proposal begitu, itu hanya sesuai apa yang kita pikirkan atau kita harus tanya kepada dosen doesen gitu kak?

Unknown said...

Kak boleh minta format proposal ya gak ?, Tolong kirimin ke email ya dewabaskoro71@yahoo.com

Anonymous said...

whaaa makasih banyak kak! postingan ini sangat sangat membantu. Sayangnya, ketika semua sudah beres saya lupa satu syarat yaitu LoA HEHEHEHHEHHE. Semoga buat S2 saya bisa dan dapet BU juga tidak mengulang kecerobohan saya sekarang

Anis said...

Assalamualaikum kak, mau tanya. Kalo dinyatakan lulus seleksi administrasi hal apa yg perlu dilakukan? Kalau melakukan verifikasi itu dimana? Terimakasih

Faradina said...

Walaikumsalam Anis, silahkan tunggu instruksi selanjutnya dari BU ya :)

sumber biologi said...

Assalamualaikum kak terimakasih banyak atas informasinya, saya mau bertanya tentang yang dimaksud dengan rincian biaya kuliah resmi dari Perguruan Tinggi itu apakah SK tentang ketetapan biaya spp di PT tujuan kita? mohon maaf sebelumnya kak, terimakasih.

Riski Apriliani said...

Halo, Assalamu'alaikum kak. Salam kenal aku April. Mengenai persyaratan Beasiswa Unggulan Kemendikbud ada persyaratan berprestasi juara 5 besar. Apakah kakak kemarin melampirkan persyaratan itu juga?

Terimakasih kak sudah sharing :)

Catatan Hikmah said...

Kak, izin bertanya. Masih bingung sama rincian biaya studi. Kalo untuk mahasiswa baru kan belum tau biaya buku yang akan digunakan berapa, jadi itu gimana? Trus buat penulisannya, apakah wajib pakai cover (logo instansi, nama penulis dsb)? Mohon penjelasannya kak. Terimakasih..