Friday 14 July 2017

Persyaratan untuk Melamar Beasiswa Unggulan

Kurang baik apa akutuuu syarat buat ngelamar BU yg udah amat sangat jelas di website sampe aku bikin postinganya πŸ˜‚ Postingan ini aku bikin semata-mata buat ngejawab fans-fans yg ngirimin aku email tanya syarat BU. Sebenernya aku bukan panitia penerima mahasiswa BU loh, dan nggak tau syaratnya apa aja?? 😒😒 Kadang orang salah kaprah, karena aku sharing tentang pengalamanku yg lolos BU... aku langsung dianggap layaknya orang yg tau segalanya dan bisa ditanyai apapun. Faktanya begini ya buibu.. eh salah *kakak... setiap tahun, bisa terjadi perubahan persyaratan untuk melamar BU. Begitu juga untuk syarat masuk kuliah S2, bisa berubah-ubah seiring waktu. Tergantung universitasnya dan tergantung jurusanya itu biasanya berubah-ubah terus tiap tahunnya. Jadi kalo kakak-kakak pengin tahu syaratnya apa aja, carilah informasi langsung ke sumbernya. Sumbernya itu dimana? Jangan cari di sumur buu hihi, bisa buka website resmi instansi yg bersangkutan, atau buka sosmednya, atau hubungi langsung via email/ telepon jika masih ada yg dibingungkan. Rempong? ya iya lah rempong, namanya juga usaha.. jangan mau enaknya terima beres 😁 Saya dulu juga begitu rempong minta ampun deh cari info sana sini berkali-kali telepon ke BU & ke UGM karena ada syarat yg kurang dimengerti, entah udah berapa pulsa yg habis untuk telfonan sama mereka. Tapi semua perjuangan bakal sebanding  dengan apa yg akan didapetin. 

Back to topic ya kakak.. si doi ini (BU) punya beberapa jenis beasiswa. Tapi aku cuma mau bahas 1 jenis beasiswa aja yg aku lamar yaitu beasiswa untuk masyarakat berprestasi dan 1 jenis jenjang pendidikan yaitu untuk S2. Buat jenis beasiswa lain dan jenjang pendidikan lain (S1 atau S3) coba cari blogger lain siapa tahu ada penerima beasiswa yg dengan baiknya sharing tentang BU.  Ini loh syarat untuk BU jenis beasiswa masyarakat berprestasi jenjang S2 dalam negeri:

Beasiswa Degree dalam negeri jenjang S2

Mahasiswa baru
1. Maksimal usia 32 tahun
2. Memiliki LoA Unconditional (akreditasi universitas min B)
3. IPK S1 PTN 3.25, PTS 3.50
4. TOEFL ITP 500/ IBT 61, IELTS 5.5

Mahasiswa On-Going
1. Maksimal 32 tahun
2. Maksimal semester 3
3. IPK S1 PTN 3.25, PTS 3.50
4. TOEFL ITP 500/ IBT 61, IELTS 5.5

Selain syarat umum di atas yg harus dipenuhi, ada juga kelengkapan berkas yg harus kamu lampirkan.

Kelengkapan Berkas untuk melamar Beasiswa Degree
1. KTP
2. KTM (Kartu Tanda Mahasiswa buat yg on-going)
3. LoA Unconditional (Buat yg on-going diganti pake surat aktif kuliah)
4. KHS buat on-going
5. Ijazah dan transkip nilai terakhir
6. Sertifikat TOEFL/IELTS (TOEFL/IELTS buat S1 tidak diwajibkan)
7. Proposal rencana studi (rencana kuliah dan sks per semester yg akan ditempuh hingga selesai studi, topik apa yg akan ditulis dalam skripsi/tesis/disertasi, deskripsikan aktivitas di luar perkuliahan yg akan dilakukan selama studi dan bagaimana implementasi hasil studi di masyarakat). 
8. Surat rekomendasi dari civitas akademik atau institusi terkait
9. Surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa sejenis dari sumber lain (ada link download-nya di situs resmi BU).
10. Sertifikat prestasi Nasional atau Internasional.
11.  Esai menggunakan bahasa Indonesia dengan judul "Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia) ditulis sebanyak 3-5 halaman pada kertas A4 dgn format font Times New Roman uk 12 spasi 1.5.

Syarat tersebut berdasarkan sumber website BU tahun 2017 ya link nya disini, kalo kamu baru buka postingan ini taun 2018 mendatang bisa jadi syaratnya udah beda. So, langsung aja buka website resminya BU. 

Sebelum kita bahas satu persatu tentang persyaratanya supaya kalian semua jelas (udah kayak bedah soal aja nih πŸ˜†) aku mau menyampaikan dulu secara keseluruhan syarat tersebut pada saat aku menulis ini (thn 2017) ada beberapa poin yg berbeda dari syarat ketika tahun aku mendaftar (thn 2015). Udah lewat 2 tahun ya?? dan banyak poin syarat yg berubah. Misalnya nih dulu pake TOEFL jenis apapun bisa, nggak harus yg ITP/ IELTS/IBT dengan minimal score cuma 450, proposal rencana studi di suruh bikin rencana anggaran nggak disuruh mendeskripsikan aktivitas di luar kuliah ataupun implementasinya di masyarakat, nggak disuruh bikin surat pernyataan tidak menerima beasiswa lain, nggak disuruh bikin essay pula hihi. 

Mari kita memasuki tahap pembahasan....

1. Syarat umum jelas ya antara mahasiswa baru dan on-going? Bedanya apa, mahasiswa baru itu kamu baru banget diterima belum kuliah atau masih kuliah awal-awal tapi belum sampe keluar KHS atau IPK semester pertama. Nah on-going itu kayak aku, daftarnya udah kuliah dan udah keluar nilai semester pertama jadi nantinya akupun harus ngelampirin hasil studi ku (KHS) di S2 ini.

2. LoA unconditional. Apa itu LoA? singkatan dari Letter of Acceptance semacam surat yg dikeluarkan universitas yg menyatakan bahwa kamu udah diterima di universitas tersebut. Nah LoA itu jenisnya ada 2,  conditional & unconditional (bukan lagunya katty perry ya gaes). Unconditional itu artinya kita udah diterima di universitas tersebut tanpa pengecualian atau tanpa ada persyaratan lainnya yg harus dipenuhi. Sedangkan conditional adalah kita diterima universitas tersebut dengan syarat. Misalnya ada syarat kita yg masih kurang, nah harus dipenuhi terlebih dahulu baru kemudian LoA tersebut bisa berubah dari conditional ke unconditional. Teruss akreditasi universitas minimal B ya.. lihat akreditasi bisa di situsnya BAN PT atau coba cari tahu kemana kek terserah...
Dulu aku nggak pake LoA karena aku mahasiswa on going.. sempet tanya sih ke akademik fakultas kalo minta LoA kemana dan ditunjukkin ke bagian DPP (lupa singkatan dr apa). Tapi setelah kesana riweh ribet minta ampun dan merekapun nggak tau pihak univ kapan bisa ngeluarin LoA. Akhirnya nih, dikasih solusi sama akademik fakultas buat melampirkan surat aktif kuliah aja. Saat itu juga di bikinkan 5 menit jadi. Surat aktif kuliah itulah yg aku lampirin buat BU dengan modal nekad. Karena apa? dulu BU nggak ngebilangin pake surat aktif kuliah di persyaratan, cuma bilang pake LoA udah gitu aja titik. Minim informasi pokoknya. Bersyukurlah  sekarang udah banyak info tentang BU.

3. TOEFL jelas ya minimal 500 itu mutlak. Dan jenis TOEFLnya harus ITP/IBT/IELTS. Nggak ngerti tentang jenis TOEFL tsb? coba googling cari tahu, atau kamu ke kursusan bahasa inggris buat tanya perbedaanya apa, cara ikut tes-nya gimana, biaya tes-nya berapa, contoh soalnya kayak apa. kalo TOEFL mu masih kurang dari score tsb dan jenisnya bukan TOEFL yg disyaratkan tapi tetep nekad daftar BU yaa terserah sih tapi mending jangan deh. Dilolosin dulu score nya baru daftar.

4. KTP udah pada punya kan? yg nggak punya urus dulu aja gih. Trs yg buat on-going fotokopi KTM
jgn lupa dilampirin. Buat KHS udah aku jelasin di nomer 1 ya khusus on-going. Tau kan KHS wujudnya kek apa? Coba tanya ke bagian akademik kampus kalo nggak tau..

5. Ijazah dan transkip nilai terakhir. Untuk pelamar S2 wajib ngelampirin ijazah sama transkip nilai S1. 

6. Proposal rencana studi. Nah ini nih paling banyak yg nanyain, sampe capek ngejawabnya πŸ˜‚ aku udah pernah ngebahas soal proposal BU disini silahkan dibaca.. Tapiiiiii ada tapinya, itu proposalku dulu waktu aku ngedaftar tahun 2015. Sekarang (tahun 2017) udah jelas banget ya si BU ini mencantumkan apa yg harus kamu tuliskan dalam proposal (ini yg harus kamu cantumkan: rencana kuliah dan sks per semester yg akan ditempuh hingga selesai studi, topik apa yg akan ditulis dalam skripsi/tesis/disertasi, deskripsikan aktivitas di luar perkuliahan yg akan dilakukan selama studi dan bagaimana implementasi hasil studi di masyarakat). Jelas yaa jelas banget, jangan ditanyain lagi itu maksudnya apaan.. dulu proposalku nggak begitu soalnya πŸ˜›

7. Surat rekomendasi, mintanya ke siapa? Mintalah ke orang yg cukup berpengaruh, bisa ke dosen yg deket sama kamu, ketua jurusan, dekan, atau rektor mungkin? Dulu sihh aku minta ke dekan kampus-ku pas S1. Tapi ternyata pas sesi wawancara dibilangin sebaiknya kalo minta surat rekomendasi itu ke universitas tujuan. Misal aku sekarang lagi S2 di UGM, ya mintanya ke dekan fisip UGM. Tapi untungnya si ibuk yg mewawancarai baik hati, yaudah gapapa kok yg penting ada surat rekomendasinya :) Terus kayak apa format surat rekomendasi itu? bebas aja sihh.. kamu bisa nyontek surat rekomendasinya UGM (ada di web resmi pendaftaran UGM) atau googling buat liat format suratnya atau kamu bisa berkreativitas sendiri untuk membuat format surat rekomendasi.

8. Surat Pernyataan tidak menerima beasiswa lain, udah ada formatnya dari BU tinggal download aja.

9. Esai, jelas kan si BU ini minta esai kayak apa? ikutin aja instruksinya karena dulu aku nggak disuruh bikin esai jadi nggak ada yg perlu aku share disini. 

10. Sertifikat prestasi nasional/ internasional. Banyak nih yg tanya aku dulu prestasinya apa kok bisa sampe lolos BU? Aku rasa-rasanya nggak punya prestasi apapun! Serius, ini beneran πŸ˜† Boro-boro pernah dapet juara lomba apa  atau debat apa, nggak punya satupun prestasi kayak gitu. Dipikir-pikir kok ya aku ini hidup ngapain aja kok sampe nggak punya prestasi?hahahaha. Tapi balik lagi ke definisi prestasi itu apa.. terlepas dari pernyataan bahwa prestasi itu harus juara 1, 2 dan 3.. menurutku prestasi itu lebih ke pencapaian atau penghargaan apa yg pernah kamu peroleh dari hasil usahamu baik dalam berkompetisi ataupun berkontribusi.  Terus apa prestasi yg aku cantumkan buat melamar BU? aku emang nggak pernah dapet juara 1, 2, 3 tapi punya beberapa pengalaman yang bisa menjadi nilai tambah.

Pertama, disamping semua prestasi yg pernah kamu peroleh, bisa juga dicantumin kegiatan kemahasiswaan apa yg pernah diikuti.. misal pernah jadi panitia acara, atau panitia seminar, pernah ikut seminar apa, pelatihan apa, pernah ikut organisasi apa itu juga penting banget bisa jadi nilai tambah. Nah disini aku cantumin semua kegiatan kemahasiswaan yang pernah aku ikutin. Baik itu organisasi, seminar, kepanitiaan ataupun pelatihan.  Yg jelas aku dulu bikin lampiran CV untuk mencantumkan semua kegiatan yang pernah diikutin.

Kedua, Aku termasuk mahasiswa yg cukup rajin ikut kegiatan apapun dikampus salah satunya ikut PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) dan PMW (Program Mahasiswa Wirausaha) pokoknya yg berbau duit itu semangat banget hahaha. Tau kan dua program ini? Di setiap kampus ada dan tiap taun selalu buka pendaftaran. Aku rajin banget tiap tahun selalu ngajuin proposal. Dari hasil perjuanganku itu terbayarlah dengan 1 kali lolos PKM dan 1 kali lolos PMW, usahaku didanai meski tim ku nggak sampe tingkat nasional untuk mewakili universitas. Tapi pencapaian itu udah cukup luar biasa.. dari sekian banyaknya proposal yg masuk, dan banyaknya mahasiswa yg pengin didanai projectnya... proposalku terpilih. Nggak semudah itu ngedapetinya kan? Kalau misal kalian nggak pernah ikut program ini, mungkin bisa mencantumkan program kampus apa yang pernah kalian ikutin.

Ketiga, aku pernah 2 kali jadi co-trainer di kampus untuk kegiatan kampus seputar pelatihan soft skill dan pelatihan kepemimpinan. Motivasinya? duit lagi hahaha.. tapi disamping dapet bayaran yg lumayan aku juga dapet pengalaman, ilmu, skill baru, teman baru dan melatih kepercayaan diri tampil di depan umum. Untuk jadi co-trainer itu juga melalui proses seleksinya dan pelatihan beberapa hari sebelum aku bener-bener bertugas. 

Keempat, sewaktu kuliah S1 aku dapet beasiswa PPA selama tiga tahun berturut-turut. Anugrah luar biasa banget lah bisa dapet beasiswa ini selama tiga tahun. Tau kan mekanisme melamar PPA yg harus selalu diajukan setiap awal tahun, belum lagi kuota untuk fakultas sangat terbatas dengan pendaftar yg seabreg banyaknya. Nggak semua temen-temenku bisa seberuntung aku. Alhamdulilah dulu IPK S1 selalu bagus dan bisa bersaing buat dapetin beasiswa ini. Menerima besiswa juga dihitung sebagai sebuah prestasi loh.. nggak semua orang kan bisa beruntung dapet beasiswa?

Kelima, beberapa kali aku terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat. Ini biasanya project dosen. Jadi setiap dosen itu kan wajib menjalankan tri dharma perguruan tinggi dan kebetulan project nya aku terlibat di pemberdayaan masyarakat khususnya perempuan-perempuan korban KDRT ataupun perempuan rawan ekonomi. Selain dilibatkan dalam setiap kegiatan, aku beberapa kali dipercaya sebagai tim mentor yg memberikan pelatihan ke ibu-ibu target pemberdayaan. Penyampai materinya sih dosen, aku berperan sebagai mentor pelatih dan mengajari ibu-ibu tersebut membuat kerajinan barang-barang bekas untuk diolah menjadi barang yg memiliki nilai jual. Buat jadin mentor syaratnya harus diikutin kursus dulu beberapa kali pertemuan. Setelah cukup ahli baru kemudian praktek tugas.

Sebenernya udah nggak terhitung berapa kali aku jadi mentor di project ini. Kadangkala kita gerilya sendiri, inisiatif mau ngadain dimana, kadangkala ada permintaan dari ibu-ibu di desa tertentu itupun kita lakuin secara sukarela banget tanpa dibayar. Beberapa kali juga memenuhi permintaan instansi kayak di kelurahan, di pemda, di dharma wanita. Waktu itu berasa jadi orang penting banget di undang sana-sini haha. Kalo diundang ke instansi lumayan sih dapet bayaran, dapet makan pula :')

Nah pengalaman ini tentunya aku cantumin buat melamar BU. Tapi kemaren yang aku cantumin itu cuma yg dapet undangan mentor di instansi aja sih, nggak semuanya aku cantumin. Buat kalian yg pengin punya pengalaman pengabdian masyarakat kayak aku coba deketin bapak ibu dosen dan minta mereka untuk melibatkan kalian dalam projectnya. Karena setahu aku, project dosen itu harus selalu melibatkan beberapa mahasiswa. Biasanya juga, dosen itu milih mahasiswa yg deket sama mereka biar enak kerjasama dan koordinasinya.  Percaya deh pengalaman ini luar biasa berguna banget, kalian juga bakal tau gimana sih cara melakukan sebuah pengabdian masyarakat, cara melihat permasalahan, membuat solusinya, membuat program hingga penetrasi di lapangan. Terakhir aku pernah ikutan Innovative academy UGM (udah pernah aku posting juga di blog ini) meski nggak sampai masuk inkubasi, tapi cukup memberikan ilmu dan pengalaman yg berarti).

Dari semua "prestasi" yg aku peroleh, percayalah aku nggak punya sertifikatnya satu pun! aku cuma punya sertifikat seminar sama panitia seminar aja... sempet ditanyain pas wawancara, dan aku jawab sejujur-jujurnya karena mereka nggak mengeluarkan semacam sertifikat bukti πŸ˜†dan cuma dibilangin aja sama ibunya, lain kali minta sertifikat untuk bukti mbak.. bahkan kalo pernah menang lomba makan krupuk kan juga prestasi *kata ibunya ngledek* dan gueh cuma cengengesan aja. Saranku misal kalian ikut projectnya dosen, minta tolong ke dosen supaya mereka mengeluarkan sertifikat buat bukti bahwa kalian memang pernah terlibat di project tersebut.

Aku rasa udah cukup panjang lebar menjelaskan tentang syarat BU ini *bahkan sampek curhat juga* harapanya semoga penjelasanku cukup jelas, cukup membantu, cukup mencerahkan sehingga nggak ada lagi email-email masuk yg menanyakan "mbak syarat ngelamar BU apa aja ya?"

Love,
Faradina


UPDATE JULI 2019>>
Hai.... kemarin aku iseng buka website BU buat liat syarat pendaftaran beasiswa untuk masyarakat berprestasi. Disitu tercantum bahwa pelamar harus memiliki prestasi minimal tingkat kabupaten yang diselenggarakan oleh pemerintah atau masyarakat dan sertifikat berlaku maksimal 3 tahun terakhir. Aku agak kurang paham apakah ini syarat mutlak atau masih bisa ditoleransi dengan prestasi-prestasi/kontribusi lain yang sudah pernah kita lakuin. Dengan adanya syarat ini, aku rasa sertifikat jadi semacam bukti yang penting. Pastikan setiap kegiatan yang kamu ikutin punya sertifikatnya ya!


Baca juga:


2 comments:

Unknown said...

Terimakasih banyak ka sharingnya :) It means a lot. Berarti untuk tahun ini untuk proposalnya ga usah ada rincian dana ya ka?

Faradina said...

Hai Irma... nggak ada, as i said... buatlah persis seperti yg dipersyaratkan BU